Skip to content

Mana yang Lebih Dulu? “Telur” atau “Ayam”?

February 13, 2013

Pertanyaan di atas adalah teka-teki klasik yang sudah saya dengar sejak kecil, sampai-sampai saya sudah tidak ingat lagi kapan pertama kali mendengarnya.

Dulu, waktu kecil, saya sempat kebingungan menjawabnya.

Seiring berjalannya tahun, saya yakin 100%, “Ayam”-lah jawabannya, berdasarkan alasan tertentu.

Tapi sekarang, pendapat saya berubah 180o.

Jawaban saya kini: “Telur”.

 

Seratus persen pasti!

Dan saya berani mempertanggungjawabkan keyakinan saya itu.

Saya punya alasan yang sangat kuat, dan saya yakin, argumentasi saya takkan bisa terbantahkan.

Kalau kalian sudah dengar, kalian pun akan tahu, alasan saya itu sebenarnya amat sangat sederhana sekali, tapi amat sangat rasional, masuk akal, logis, dan ilmiah sekali.

Tapi saya tidak akan menjawabnya di sini sekarang.

Karena saya ingin tahu pendapat kalian juga.

Bagaimana menurut kalian?

Apa jawaban kalian?

Dan apa alasannya?

Setelah itu, saya juga mau tahu, kira-kira kalian bisa tidak menerka apa alasan saya itu.

Kalau kalian bisa menebaknya, atau alasan kalian atas jawaban kalian sendiri itu sama dengan alasan saya, maka itu membuktikan kalian punya jalan pemikiran yang sederhana, bersih, bebas dari prasangka, tapi tetap jernih dan cerdas.

Mau ikutan?

Saya sangat mengharapkannya….

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

